
وهذه المذاهب الأربعة – ولله تعالى الحمد – فى العقائد واحدة, إلا من لحق منها بالإعتزال والتجسيم, وإلا فجمهورها على الحق يقرون عقيدة ابى جعفر الطحاوى التى تلقاها العلماء سلفا وخلفا بالقبول
“Madzhab yang empat ini –
alhamdulillah – adalah satu dalam hal akidah, kecuali orang-orang yang
menempuh faham mu’tazilah dan tajsim. Jika tidak begitu, maka jumhur
ulama berhak mengukuhkan akidah Abu Ja’far ath-Thahawi yang diterima
dengan baik oleh para ulama baik salaf maupun khalaf.”
Scan lengkapnya (kalimat tersebut tercantum pada bagian footnote nomor 1):

Padahal, sebenarnya perkataan imam
as-Subki yang telah dinukil oleh imam ibn Abu al-Izz dari kitabnya Mu’id
an Ni’am wa Mubid an-Niqam pada halaman 62 tertulis seperti ini:

“Dan Ulama’-ulama’ madzhab Hanafi,
Syafi’i, Maliki, dan pembesar-pembesar madzhab Hanbali –alhamdulillah-
dalam hal akidah adalah bersatu, semua berdasarkan akidah Ahlussunnah
wal jama’ah. Mereka beragama kepada Allah melalui jalan asy-Syaikh
as-Sunnah Abu al-Hasan al-Asy’ari, semoga Allah merahmati beliau. Tidak
ada yang menyimpang dari akidah ini kecuali segelintir orang dari
madzhab Hanafi dan Syafi’i yang mana diantara mereka menempuh faham
mu’tazilah. Sedangkan segelintir orang dari madzhab Hanbali menempuh
faham tajsim. Dan Allah menyelamatkan para ulama madzhab Maliki,
sehingga kami tidak melihat seorang pun dari ulama Maliki kecuali dia
seorang Asy’ari dalam hal akidah. Kesimpulannya, akidah Asy’ari adalah
akidah yang sama dengan akidah Abu Ja’far ath-Thahawi yang diterima oleh
para ulama madzhab dengan baik dan mereka meridhainya.”
[lihat kitab Shahih Syarh Aqidah ath-Thahawiyyah oleh asy-Syaich Hasan ibn Ali Assaqqafi halaman 18]
Penjelasan Imam as-Subki tentang
penyelewengan dari segelintir orang-orang madzhab Hanbali yang menempuh
faham tajsim ini tidak disebutkan sama sekali oleh Zuhair asy-Syawis
pada muqaddimahnya di dalam kitab Syarh al-Aqidah ath-Thahawiyyah yang
ditakhrij oleh al-Albani. Dan tentu saja pemotongan kalimat yang
dilakukan dengan sengaja atas perkataan ulama’ seperti ini sungguh tidak
layak untuk dilakukan, dan dalam kasus ini sangat jelas sekali hal ini
dilakukan bertujuan untuk menutupi faham tajsim yang dibawa pentakhrij.
Wa lillaahi at-Taufiq.
0 komentar:
Posting Komentar