Jumat, 13 Januari 2012

Ustadz Yusuf Mansur

Bagi sebagian muslim, dia dipandang sebagai muslim toleran dan baik. Di kolomnya, dia mencamtumkan alamat websitenya di “wisatahati.com”.

Saya tertarik melihat wibsitenya, ingin mengetahui apa yang didakwahkan disitu. Saya buka “tafsir Quran”. Disitu ditampilkan tafsir al-Fatihah, yang mereka rangkum dari berbagai kitab tafsir terkemuka.

Banyak muslim KTP tidak tahu bahwa Q:1-7 berisi cercaan terhadap yahudi dan nasrani, persis seperti yang sudah disampaikan di IFF ini.

Tiap hari muslim mengumandangkan cercaan ini. Dengan isi Quran seperti itu, sikap toleran seperti apa yang bisa diharapkan dari muslim? Dan muslim disini bilang bahwa mereka agama damai? Menghina non-muslim seperti itu?

Bagi muslim yang sudah tahu arti Q:1-7, hal itu tidak mau diakui sebagai bentuk penghinaan, penistaan keyakinan lain. Anda bisa bayangkan jika ada kitab pemeluk agama lain yang menyatakan islam sebagai sesat?
Ini kutipannya:

Bismillaahirrahmaanirrahiim.
Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Alhamdulillah, puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah swt. yang telah memberikan kesempatan kepada kami, Wisatahati, untuk menyampaikan kepada umat kandungan Alqur`an yang kami kutip dari beberapa kitab tafsir yang diakui antara lain Tafsiir al-Qur`aan al-'Azhiim karangan Ibnu Katsir, Ad-Durr al-Mantsuur fii at-Ta`wiil bi al-Ma`tsuur karangan Jalaluddin Assayuthi, Aysar at-Tafaasiir karangan Abu Bakar al-Jazairi, Jaami' al-Bayaan fii Ta`wiil al-Qur`aan karangan Muhammad bin Jarir ath-Thabari, Tafsiir al-Maraaghi karangan Ahmad Mushthafa al-Maraghi.

Kami menyadari keterbatasan kami dalam bidang ini, namun demi sampainya ajaran-ajaran dan tuntunan Alqur`an kepada umat kami berupaya semaksimal mungkin untuk menghadirkan kandungan Kitab Suci ini di hadapan umat dengan bahasa yang sederhana.
Penyampaian tafsir ini kami lakukan dengan mengikuti urutan ayat-ayat dan surah-surah di dalam Kitab Suci Alqur`an. Setiap ayat yang akan kami tafsirkan terlebih dahulu kami tulis teks ayatnya dengan disertai terjemahnya yang kami kutip dari Alqur`an dan Terjemahnya yang disahkan oleh Departemen Agama R.I.

Mudah-mudahan rubrik sederhana ini dapat memberi manfaat yang besar bagi kita semua. Kritik dan saran Anda akan sangat berarti bagi peningkatan rubrik ini. Terimakasih dan salam Wisatahati.

…….
(7). (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

Yang dimaksud dengan orang-orang yang telah diberi nikmat ialah para nabi atau rasul dan orang-orang yang bukan nabi atau rasul akan tetapi setia mengikuti ajaran-ajaran yang di bawa oleh para nabi dan rasul. Allah memerintahkan kita untuk mengikuti jejak dan langkah para nabi dan rasul karena pada prinsipnya agama Allah hanya satu sepanjang masa yaitu percaya kepada Allah, percaya kepada Rasul-Nya, dan percaya kepada hari kiamat serta memerintahkan kebaikan dan melarang kejahatan. Adapun yang berkaitan dengan syariat dan hukum ia berbeda dari masa ke masa dan antara satu wilayah dengan wilayah yang lain.

Yang dimaksud dengan orang-orang yang dimurkai ialah orang-orang Yahudi sedangkan orang-orang yang sesat ialah orang-orang Nasrani. Kedua golongan tersebut sama-sama sesat dan dimurkai, akan tetapi kemurkaan lebih melekat kepada golongan Yahudi karena mereka mengetahui kebenaran namun mereka tinggalkan bahkan mereka tutup-tutupi. Sedangkan golongan Nasrani tidak memperoleh kebenaran karena mereka enggan mengikuti petunjuk-petunjuk yang dibawa oleh para nabi dan rasul.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Ibnu Hajar - Premium Blogger Themes | Ma'had Miftahul Jannah